Apa itu Permen Kacang?

Peanuts CandyPermen kacang adalah pengembangan dari jenis permen pada umumnya. Permen kacang sejatinya adalah sejenis gula-gula (confentionary), yang bisa dikatakan sebagai makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air dan sirup fruktosa. Kadar gula dalam permen tergolong tinggi. Permen sangat lekat dengan keseharian kita, terutama anak-anak.Bagi mereka, permen merupakan makanan kecil yang mengasyikkan. Apalagi dengan bentuk, warna serta rasa yang beragam. Secara umum, permen yang banyak beredar di kalangan masyarakat berjenis permen keras (hard candy) dan lunak (soft candy).

Permen keras adalah permen yang padat teksturnya. Dimakan dengan cara menghisapnya. Permen jenis ini larut bersama air liur. Pada permen keras yang perlu ditelisik diantaranya adalah bahan baku utamanya, berupa glukosa. Glukosa ini merupakan hasil dari hidrolisa pati (tepung). Dalam proses hidrolisa produsen biasanya menggunakan enzim. Bisa berasal dari hewan juga bisa diperoleh melalui mikroorganisme. Enzim yang berasal dari hewan mempunyai titik kritis kehalalan. Karena kita harus mengetahui jenis hewan, dan darimana enzim itu berasal.

Permen kacang juga dibuat dari perisa atau flavor. Perisa atau flavor yang kerap digunakan dalam industry pangan harus menjadi perhatian. Apalagi keberadaan perisa ini akan memberikan daya tarik. Sebab aneka rasa dapat menjadi penarik bagi konsumen. Namun tak jarang produsen menggunakan alcohol sebagai pelarutnya. Sementara permen lunak ditandai dengan teksturnya yang lunak. Jenis permen ini bukan untuk dihisap melainkan dikunyah. Berdasarkan bahan campurannya, permen lunak terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gum, carragenan (rumput laut) dan gelatin.

Gum merupakan produk turunan dari tanaman. Dalam produk permen lunak ini, dikenal sebagai chewing gum. Produsen permen karet menggunakan gum supaya permen tersebut liat, hingga permen ini dapat dinikmati dengan mengunyahnya. Sedangkan carragenan merupakan produk olahan dari rumput laut. Seperti gum, bahan campuran ini dapat pula membuat makanan menjadi lembut dan kenyal. Pada umumnya, carragenan ini memang banyak diambahkan pada agar-agar atau pudding. Seperti gum dan carragenan, gelatin kerap ditambahkan pada makanan. Gelatin dipandang mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan dua campuran lainnya. Karena gelatin ternyata mempunyai kekenyalan yang khas.

Permen kacang sendiri menjadi favorit konsumen baik tua maupun muda. Karena dalam pembuatan permen, kacang merupakan bahan yang dapat mempengaruhi tekstur dan sifat rasa permen serta penambah rasa permen itu sendiri. Biasanya kacang dipakai untuk mengisi dalam atau isian permen. Banyak jenis kacang yang mempunyai rasa yang berbeda dan kebanyakan orang memilih selera sendiri untuk jenis kacang tertentu favorit mereka.

Jenis kacang yang paling popular digunakan untuk pembuatan permen adalah almond, macadarnia, kacang tanah dan kacang mede. Kerenyahan kacang ini yang akan menambah cita rasa dalam permen yang dibuat.

Tidak hanya kalangan anak muda saja yang gemar menyantap permen atau cokelat, tetapi juga anak-anak dan keluarga. Tetapi perkembangan yang sangat besar ini juga tidak luput dari halangan dan rintangan. Karena ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mengkonsumsi cokelat sudah pasti akan membuat Anda gemuk, menyebabkan alergi dan mudah menimbulkan jerawat. Ada anggapan yang salah tentang cokelat. Sebaiknya Anda tidak begitu saja percaya begitu saja dengan mitos cokelat tersebut. Bila Anda sudah mengetahui faktanya, maka guilty pleasure yang satu ini tidak akan lagi membuat Anda merasa bersalah saat menyantapnya.

Permen Promosi 2012
Permen Kacang

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.