Asal Usul Dibuatnya Permen Karet

Permen KaretPermen karet bukan penemuan baru. Bangsa Yunani Purba dan Bangsa Indian Maya sudah menikmati banyak permen karet. Namun, baru tahun 1860-an, permen karet modern yang kita kenal diproduksi.

Permen karet tradisional dibuat dari chicle (baca: cikel), yaitu getah kenyal dari kulit pohon hijau abadi tertentu. Pohon yaitu Achras zapota, tumbuh secara alamiah di Amerika Serikat. Karet alamiah lain bisa juga digunakan, selain bahan sintetis yang lebih murah – polimer yang dibuat dari produk minyak bumi.

Mesin pencampur chicle atau bahan lain dengan produk lateks (karet), lilin, dan bahan lain untuk membuat bahan dasar permen karet, bagian dari permen yang tetap padat tidak peduli berapa lama kalian mengunyahnya. Tiap pabrik mempunyai resepnya sendiri, mengendalikan kekenyalan lengket dari produknya.

Bahan dasar permen karet digiling, dilelehkan, disterilkan, dan dimurnikan sampai menjadi sirup kental dan bersih. Mesin-mesin lain menambahkan bahan seperti gula, sirup jagung, atau pemanis buatan: lalu pewarna, dan ditambah perasa untuk memberi tiap permen karet rasa khasnya.

Permen ini dicampur dalam wadah-wadah besar sampai kepekatan seperti adonan roti. Kemudian dipipihkan dengan rol besar menjadi lembaran tipis, yang dibiarkan mendingin dan mengeras sebelum pada akhirnya dipotong kecil-kecil. Potongan permet karet ini, lalu bisa ditaburi gula tepung, dibungkus dengan kertas oleh mesin lain, dan disusun dalam kotak kecil.

Beberapa orang mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi, menghilangkan kebosanan, dan memberikan rasa santai.

Permen Promosi 2012

This entry was posted in Permen and tagged . Bookmark the permalink.