Asem-asem Permen Koin Jadoel

Haw Flakes CandyPermen yang tipis seperti uang logam ini penuh nostalgia. Warnanya merah keunguan dengan rasa asam-asam segar. Nyam nyam… pastinya dijamin meringis saat mengulumnya!

Permen jadoel Haw Flakes sejak dulu sangat populer di kalangan anak-anak. Namun tak banyak yang tahu nama asli permen yang berbentuk seperti uang logam Rp 100,00 tersebut. Karena permen ini lebih populer dengan sebutan permen koin Cina di kalangan anak-anak.

Sebenarnya nama Haw Flakes diambil dari bahan baku pembuatnya, yaitu buah Haw alias buah Sanca. Buah Sanca di barat dikenal dengan sebutan white hawthorn, sedangkan di Cina dikenal dengan nama shan zha. Buah shan zha berwarna merah darah dan mengandung berbagai khasiat bagi tubuh. Di Cina buah tersebut sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, asam urat, melarutkan kolesterol, dll.

Sejak dulu hingga sekarang baik bentuk maupun rasa permen Haw Flakes tidak berubah. Permennya tipis-tipis seperti uang logam dan disusun berlapis-lapis. Pembungkus luar permen, yaitu memakai kertas berwarna merah dan kuning dengan tulisan Cina. Rasanya asem-asem manis terasa segar saat dikunyah dan pastinya sekaligus membangkitkan kenangan semasa kecil.

Jika dulu permen Haw Flakes banyak dijumpai baik di warung-warung maupun supermarket. Kini permen ini sudah agak langka namun masih bisa ditemui di toko-toko impor yang menjual produk makanan Cina. Satu kemasan plastik permen Haw Flakes kini dihargai Rp 3000,00 dimana setiap kemasan berisi 8 bungkus permen.

Permen Promosi 2012
Permen Koin Haw Flakes

This entry was posted in Permen and tagged , . Bookmark the permalink.