Candy Cane, Permen Natal dari Amerika

Permen NatalPermen tongkat satu ini biasa disajikan sebagai camilan dan hadiah di hari Natal di Amerika. Rasanya manis dan menyegarkan. Permen yang disukai anak-anak ini ternyata tidak hanya manis segar. Ada juga yang bercita rasa mint menyegarkan lho!

Candy cane merupakan permen tongkat tradisional yang berasal dari negara Amerika Serikat. Permen berbentuk tongkat bergaris – garis merah dan putih memiliki rasa mint. Permen tradisional ini biasa disajikan saat menyambut perayaan Natal. Meskipun permen ini juga tersedia sepanjang tahun, di toko-toko buat yang menyukainya.

Permen tongkat ini sudah ada sejak berabad – abad tahun lalu. Awalnya, permen ini cukup keras teksturnya untuk dimakan, dan bentuk batang permen lurus, memiliki warna putih saja. Namun dari waktu ke waktu permen ini berubah menjadi bentuk tongkat yang sedikit melengkung.

Ide ini berawal dari kepala paduan suara Katedral Koln. Saat itu ia mendapat kesulitan mendiamkan anak – anak yang ribut saat misa berlangsung. Saat ia berada di toko permen, ia melihat permen berbentuk tongkat lurus berwarna putih.

Muncullah idenya: “Anak – anak pasti akan diam sewaktu memakan permen. Nah… saat itu ia meminta pembuat permen untuk membengkokkan permen tongkat tersebut agar bentuknya seperti tongkat gembala agar si anak dapat diam menikmati permen dalam waktu yang lama.”

Pada tahun 1920, seorang pemilik toko permen di Albany, negara bagian Georgia, Amerika Serikat yang bernama Bob Mc Comick menemukan cara memilin permen tongkat berwarna merah. Hasilnya warna merah putihnya terpilin cantik. Setelah itu tehnik ini ditiru oleh beberapa pembuat permen lainnya.

Tidak hanya di Amerika Serikat, dalam beberapa ratus tahun kemudian, sebagian orangĀ  Jerman mulai menghiasi pohon natal dengan permen tongkat yang bentuk melengkung agar mudah disangkutkan pada pohon natal. Candy cane ini tidak hanya menjadi camilan manis, namun juga bisa sebagai pelengkap hiasaan natal.

Kalau ingin membeli permen ini sebagai hadiah anak-anak atau hiasan pohon Natal, mampir saja ke toko permen atau snack. Di beberapa mall di Jakarta, Surabaya dan Bandung permen ini gampang di dapat. Selamat Natal!

 

Permen Promosi 2012
Candy Cane

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.