Efek Permen Karet untuk Gigi

Bubble GumSelama ini kalau habis sikat gigi orang menggunakan mouthwash (obat kumur) untuk membersihkan sisa plak dan membunuh bakteri. Tapi menurut ilmuwan Bubble Gum  juga punya manfaat yang sama. Apa efeknya makan permen karet setelah sikat gigi?

Berdasarkan artikel Contemporary Clinical Dentistry yang diterbitkan edisi Oktober-Desember 2010, mengunyah permen karet setelah menyikat gigi membantu mengurangi plak di mulut meskipun tidak sebanyak obat kumur.

Manfaat makan permen karet setelah sikat gigi juga terasa untuk orang yang menderita mulut kering karena makan permen karet akan membantu menghasilkan air liur lebih banyak.

Kondisi mulut yang kering atau xerostomia adalah suatu gejala yang bisa disebabkan oleh obat atau perawatan penyakit tertentu seperti diabetes dan kanker.

Mulut kering bisa menyebabkan bau mulut, infeksi jamur atau masalah kesehatan lain, sehingga dengan meningkatkan aliran air liur dapat membantu mencegah masalah tersebut.

Di sisi lain, permen karet bebas gula biasanya menggunakan pemanis buatan seperti sorbitol dan xylitol yang tidak menyebabkan kerusakan gigi karena melindungi lapisan enamel gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Dalam artikel terbitan Journal of the American Dental Association disebutkan pemanis buatan xylitol bisa mengurangi tingkat jenis bakteri tertentu dalam mulut seperti streptococcus.

Dengan mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan ikut membantu menetralisir asam yang memang sudah ada di dalam mulut dan yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi, seperti dikutip dari Livestrong.

American Dental Association sendiri merekomendasikan seseorang untuk menyikat gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berflouride, serta melakukan floss dan menggunakan mouthwash anti.

Permen Promosi 2012
Efek Permen Karet

This entry was posted in Permen and tagged , . Bookmark the permalink.