Legitnya Permen Kelapa

Coconut Candy VietnamPermen asal Vietnam ini bentuk dan kemasannya sangat sederhana. Adonan permen berbentuk persegi dibalut dengan kertas berwarna putih dengan gambar warna-warni bisa jadi oleh-oleh yang unik untuk keluarga dan teman.

Saat menyusuri delta Sungai Mekong pekan lalu, saya diajak untuk mengunjungi sebuah desa yang terkenal dengan permen kelapa alias coconut candy-nya. Setelah kurang lebih 25 menit menyebrang dari dermaga, sampailah saya di sebuah dermaga kecil.

Papan besar bertuliskan “Dieam Than Quan-Que Dua” dengan gambar sekelompok besar kelapa menyambut kedatangan para turis. Di tempat yang kelihatannya terpencil ini, ternyata terdapat sebuah industri rumah tangga yang cukup besar. Ya, industri rumah tangga pembuatan permen kelapa.

Pabrik pembuatannya berupa sebuah bangunan sederhana tanpa tembok. Hanya tiang penyangga dan juga atap yang melindungi para pekerjanya dari terpaan sinar matahari dan juga hujan. Di bagian depan terdapat sebuah alat untuk mengupas kelapa serta alat pemarut kelapa.

Permen kelapa ini terbuat dari santan, gula pasir, dan jbeerapa tambahan buah-buahan tropis yang ada di sekitar pemukiman. Seperti nangka, durian, cokelat, talas, dan daun pandan. Cara membuatnya mirip-mirip dengan dodol Betawi. Semua bahan di masak di dalam kuali besar, kalau sudah mengental dan matang adonan kemudian siap untuk dicetak

Adonan yang sudah dingin kemudian dipipihkan dan dicetak dengan ukuran 2×2 cm. Adonan yang sudah dipotong dibungkus dengan kertas bening terbuat dari agar-agar yang bisa dimakan. Untuk satu bungkus coconut candy ini dibandrol seharga 30.000 vietnam dong atau sekitar Rp 15.000.

Nah, kalau Anda sedang jalan-jalan ke Vietnam jangan lupa untuk mampir dan membeli permen yang rasanya legit gurih ini ya!

Permen Promosi 2012
Permen Kelapa

This entry was posted in Permen and tagged , . Bookmark the permalink.