Mengenal Sejarah Permen Marshmallow

Marshmallow CandyMendengar istilah Marshmallow, pasti anda tertuju pada makanan favorit anak- anak dengan tekstur kenyal dan manis. Selain lolipop, makanan ini juga sangat tersohor dengan rasa manisnya yang membuat anak-anak cukup addicted. Well, marshmallow yang banyak diproduksi zaman sekarang sebenarnya sudah bukan ekstraksi murni dari tanaman marshmallow (althaea officinalis). Thus, mari kita lihat sekelumit sejarah tentang marshmallow dan juga penggunaannya di zaman sekarang ini.Marshmallow adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari sirup gula ataupun sirup jagung dengan campuran putih telur yang telah dikocok, gelatin, gum arab, sedikit pewarna dan perisa yang kemudian dikocok halus hingga bertekstur seperti busa. Racikan tradisional marshmallow biasanya menggunakan semacam ekstraksi  dari akar-akaran bergetah (mucilaginous root), sejenis rumput-rumputan (althaea officinalis) ketimbang gelatin -yg banyak digunakan sekarang ini-. Penggunaan tumbuhan ini menciptakan kekhasan permen. Pada zaman kuno, tapi di zaman sekarang tanaman-tanaman ini tidak  lagi digunakan dalam produksi massal marshmallow.

Permen dari ekstrak tumbuhan marshmallow (althaea officialis) dapat ditelusuri ke zaman kuno. Ada indikasi bahwa orang-orang Mesir dan Romawi kuno menciptakan sensasi rasa manis pada permen dan makanan mereka kala itu dengan mencampurkan ekstraksi tumbuhan marshmallow dengan madu. Pada kenyataannya, produksi marshmallow secara komersial dimulai pada akhir abad ke 19.

Marshmallow sering diasosiasikan dengan anak-anak karena kalangan ini begitu menyukainya dan sering mengkonsumsinya tanpa tambahan apapun. Di AS marshmallow sering dicelupkan ke dalam secangkir coklat panas maupun kopi.

Salah satu makanan tradisional AS yang terbuat dari marshmallow adalahtoast marshmallow. Marshmallow diletakkan di ujung tusukan skewer dan dipanggang sebentar. Hal ini akan membuat marshmallow melumer dan terkaramelisasi sehingga cairan marshmallow yg juicy meleleh keluar dari kulit luarnya yg krispi. Makanan ini cukup terkenal di AS dan bisa juga dikonsumsi terpisah.

Makanan lain dari marshmallow yang cukup terkenal antara lain krim marshmallow, pasta marshmallow yang rasanya sangat manis sangat digemari anak-anak di AS.

Tumbuhan MarshmallowTumbuhan Mashmallow

Tumbuhan marshmallow (althaea officinalis) adalah sejenis rumput-rumputan yang berasal dari Eropa. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 1 meter. Baik daun maupun akarnya telah digunakan sebagai bahan tambahan pangan sejak zaman kuno.

Akar  dari tumbuhan ini sangat terkenal dengan lapisan getahnya yang cukup tebal. Kandungan getah d dalam akarnya bervariasi antara 20-30% dengan tambahan 10-15% pektin.

Struktur kandungan tumbuhan ini terdiri dari D-galaktosa, L-rhamnose, Asam D-glukuronat dan Asam D-galakturonik. Stuktur ini mirip dengan struktur kimia pektin, yang benar-benar menjelaskan tingkat ketebalan getahnya dan juga penggunaanya dalam pembuatan permen.

Marshmallow PermenPembuatan Marshmallow

Tahap pertama pembuatan marshmallow adalah mencampur semua bahan dan kocok halus hingga bertekstur seperti busa. Campuran ini kemudian di bentuk silinder dengan pencetak khusus (extruder) dan dipotong dalam beberapa bagian dan digulung dengan dibubuhi tepung jagung dan juga gula bubuk. Jika ingin membuat beragam bentuk, corong-corong dengan bentukan unik dapat diletakkan di atas pencetak.

Selama proses ini campuran akan memadat dalam tekstur marshmallow yang sangat lembut.

Berdasarkan sejarah, getah tumbuhan marshmallow sering digunakan sebagai bahan pemadat. Namun pada zaman sekarang ini, getah marshmallow digantikan pemakaiannya dengan gelatin dan/ atau getah arab. Marshmallow untuk kalangan vegetarian di buat dari ekstrak rumput laut untuk menggantikan fungsi gelatin sebagai gelling agent.

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.