Mobil bertenaga Cocacola dan Permen Mentos

Permen Mentos dan CocacolaPermen – Dua pria asal Buckfied, Amerika Serikat, yakni Stephen Voltz dan Fritz Grobe, berhasil menciptakan mobil roket yang didorong dengan 54 botol Coca-cola Zero dan 324 permen Mentos.

Mobil berpenumpang satu orang yang diberi nama Mark II ini berhasil menempuh jarak 239 kaki atau sekitar 72 meter. Jarak tempuh ini lebih jauh ketimbang saat uji coba pada tahun lalu, yaitu 220 kaki atau sekitar 67 meter. Lihat videonya di sini.

Menurut Voltz, mereka sengaja memasukkan mekanisme piston dan silinder sederhana untuk membuat kendaraan bergerak. Dorongan semakin kencang akibat tekanan gas (karbon dioksida) yang ada di cola. Tekanan gas akan semakin tinggi ketika permen dimasukkan ke dalam cola. Gas kemudian keluar dari roket dan mendorong mobil tersebut.

Kedua pria itu mengatakan tenaga kendaraan ini cukup kuat dan mengimbau agar orang tidak melakukan percobaan seperti ini di rumah.

Uniknya, Voltz dan Grobe bukanlah ilmuwan. Mereka pemain sirkus dan komedian. Voltz awalnya adalah seorang pengacara di Massachusetts, sebelum akhirnya mutuskan menjadi komedian jalanan. Sedangkan Grobe memutuskan meninggalkan Yale salah satu universitas paling terkemuka di Amerika, di mana ia sempat belajar matematika, dan menjadi pemain sirkus.

Permen Promosi 2012

This entry was posted in Permen and tagged , . Bookmark the permalink.