Halal Tidaknya Permen Cina

China CandyMengalirnya produk-produk dari luar negeri akhir-akhir ini memicu sejumlah pertanyaan. Halalkah makanan dan produk-produk tersebut untuk dikonsumsi kaum muslim? Mengingat banyaknya bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan.

Sejak diberlakukannya perdagangan bebas antara ASEAN plus Cina atau yang dikenal dengan ACFTA awal tahun 2011 ini. Produk-produk impor banyak sekali yang mengalir masuk di pasaran Indonesia. Sudah sewajarnya masyarakat kini bertanya-tanya tentang kehalalan dan juga kelayakan konsumsi produk-produk tersebut. Apalagi jika produk-produk tersebut berasal dari negara-negara non muslim yang tentunya terkadang memakai bahan-bahan non halal sebagai salah satu bahan pembuat produk mereka.

Berikut beberapa pertanyaan soal produk impor dan fast food yang dilontarkan oleh pembaca:

Vetty Febriariane: Bagaimana memastikan kehalalan permen-permen dari produk Cina atau luar negeri lainnya yang menggunakan bahasa asing? Lalu kandungan apa yang perlu dicermati dengan melihat tulisan yang dicantumkan di bungkusnya?

Tim LPPOM MUI pun menjawabnya: Produk impor dari luar negeri yang masuk ke Indonesia secara legal mestinya ada petunjuk pemakaian atau kandungan bahan dalam bahasa Indonesia. Jika ada produk yang tidak mencantumkan kandungan dalam bahasa Indonesia maka sebaiknya dihindari, sebab selain tidak bisa dipastikan kehalalannya tingkat kesehatan dan keamanannya pun diragukan.

Menjelang lebaran pertanyaan seputar daging sapi juga banyak dilontarkan. Seperti yang ditanyakan oleh Bapak Herri Purwanto ini, apakah semua daging sapi yg di import dr luar negeri sudah ada sertifikat halalnya?

Secara gamblang LPPOM MUI menjawab: Daging impor dari luar negeri yang masuk ke Indonesia secara legal sudah pasti halal. Namun, masih sering terjadi adanya peredaran daging secara illegal yang tentu saja tidak dijamin kehalalannya.

Sedangkan Agustan Tinopel, seorang pembaca dari Sulawesi Selatan menanyakan tentang kehalalan hukum makanan fast food yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Menurut tim LPPOM MUI, semua produk makanan atau minuman yang akan disertifikasi halal oleh LPPOM MUI terlebih dahulu harus dinyatakan sehat dan aman dikonsumsi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Sehingga makanan yang telah dinyatakan halal tentunya juga aman dikonsumsi, termasuk fastfood – yang tentu saja yang telah bersertifikat halal.

Permen Promosi 2012
Kehalalan Permen China

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.