Permen Hopjes Bali

Hopjes BaliPermen mungil ini dibuat dengan cara sederhana. Dibungkus kertas minyak dan dikemas plastik. Rasanya manis legit dengan aroma wangi gula karamel yang enak. Rasa manisnya yang tak menggigit, membuat permen ini makin enak dikulum sambil minum kopi. Cobain yuk!

Permen karamel yang dibuat dengan cara memanaskan gula pasir hingga agak gosong dan kental dikenal dengan sebutan ‘hopjes’. Permen kuno gaya kolonial ini memang sudah tak banyak dijual. Hopjes biasanya dikemas dengan kertas berukuran 2×2 cm.

Permen bertektur keras ini kadang-kadang diberi aroma kopi. Jika dimakan, tidak bisa langsung dikunyak karena tekstur gulanya yang keras. Cara yang paling cocok adalah dengan dikulum. Karamel yang larut perlahan di lidah membuat rasa manisnya tahan lama.

Di beberapa toko penganan Bali juga dijual permen karamel ini dengan nama permen gula Bali. Tampilannya lebih sederhana. Dipotong ukuran 1×1 cm dan dibungkus kertas minyak. Rasa permen ini tidak terlalu manis hanya aroma wangi karamelnya sangat menonjol.

Dibuat dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel dengan warna cokelat tua. Teksturnya keras sehingga tidak mudah lumat saat dikulum di mulut. Karena masih merupakan industri rumah, tampilan dan kemasan permen ini masih sederhana.

Satu bungkus permen gula Bali dihargai Rp. 5.000,00 berisi 25 buah. Nah, selain di Lembang, kini Anda bisa mengulum permen karamel Bali ini. Cocok dinikmati setelah makan yang pedas-pedas atau sekedar bernostalgia akan jaman dulu.

Permen Promosi 2012
Hopjes Bali

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.