Permen Jahe 1935

Ginger CandyKalau Anda kerap melakukan perjalanan menggunakan angkutan darat di wilayah Jawa, mungkin pernah mengetahai — atau bahkan membeli — permen jahe yang satu ini. Namanya enting-enting jahe Sina, yang diproduksi PT Sindu Amritha yang kerap disingkat dengan Sina.

Tahukah Anda? Permen ini ternyata sudah lahir sejak zaman sebelum proklamasi didengungkan. Karena, pabrik kembang gula yang ada di Pasuruan, Jawa Timur, ini, sudah berdiri sejak 1935. Dan, permen tersebut sampai sekarang masih setia menemani pedagang asongan dan penumpang kendaraan umum sebagai produk permen yang cukup berkhasiat mengatasi mabuk darat.

Hebatnya lagi, permen ting-ting jahe ini sudah dijual sampai luar negeri. Tercatat, Vietnam, China, dan berbagai negara sudah dirambah pemasarannya. Penjualan pun sudah memakai sistem online. Situs jual beli Amazon turut dijadikan media penjualan. Merek yang dipakai untuk “mendunia” adalah Sina Ginger Candy. Coba Anda googling pakai kata kunci “sina ginger candy”, akan banyak hasil bermunculan dari berbagai situs di luar negeri.

Sekali pun pemasarannya sudah tidak kenal batas, ternyata dari pengemasan permen masih terlihat ciri khasnya. Dulu kemasan luar terbuat dari kertas yang berwarna biru di masing-masing ujung permen dan bergambar rimpang Jahe di tengah. Kalau sekarang bungkus luar diganti dengan plastik berlogo Sina.

Rasa permen ini memang jahe tulen. Kalau digigit seperti marshmallow yang kenyal. Dan, rasa pedas jahenya membuat tenggorokan hangat dan mampu mengurangi perut kembung saat berpergiaan.

 

Permen Promosi 2012
Sina Ginger Candy

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.