Permen Khas Berbagai Negara

Mendengar kata Permen, Candy, atau Kembang Gula, pastinya membuat air liur kita langsung menetes & Namanya permen, segala usia pasti suka, karena rasa yang manis dan bermacam jenisnya. Hampir setiap negara memiliki permen khas negara tersebut, tapi tidak semua lho yang bisa diterima lidah masyarakat dari negara lain.

Tapi 4 negara berikut, termasuk Indonesia merupakan negara penghasil permen yang dianggap paling enak di dunia dan bisa diterima lidah masyarakat dari negara lain. Yuk, lihat bersama-sama:

1. Jahe, Indonesia. 

Permen Jahe

Indonesia ternyata dikenal tidak semata karena keindahan alamnya dan kulinernya yang lezat. Tapi Indonesia juga dikenal dengan permennya yang enak, yaitu permen jahe yang  sudah diekspor ke Eropa sejak tahun 1778. Data tersebut didapat dari buku Island of Java karya John Joseph Stockdale.

Permen tradisional ini terbuat dari jahe dan gula. Teksturnya yang empuk, rasanya hangat dan manis berhasil membuat permen ini tetap terkenal hingga saat ini. Permen ini tidak cuma manis, tapi juga bisa jadi obat tenggorokan dan menghangatkan badan. Anda bisa membeli permen jahe di berbagai kota tempat tujuan wisata Anda.

 

2. Nougat, Prancis

Nougat

Pada abad ke-15, Kota Cremona di Italia menghasilkan permen nougat putih pertama. Namun, nougat kini justru terkenal sejak Prancis ikut membuatnya 3 abad kemudian di Mentellimar.

Permen nougat terbuat dari gula, madu, berbagai macam kacang dan buah-buahan kering. Beberapa kacang dan buah yang digunakan antara lain kacang pistachio, almond, hazelnut, ceri dan anggur. Kata Nougat berasal dari bahasa Occitan yang berarti roti kacang.

 

3. Turkish Delight, Turki

Turkish Delight

Siapa yang tidak kenal permen Turkish Delight? Sesuai dengan namanya, permen ini berasal dari Turki.  Pada tahun 1776, Bekir Effendi membuat permen ini dan membuka toko permen di Istanbul. Permen ini terbuat dari madu dan mollases, air mawar, lemon dan jeruk. Teksturnya lembut dan lengket, ditambah dengan potongan walnut, almond serta diberi taburan gula di sekelilingnya.

 

4. Gummy Bear, Jerman

Gummy Bear

Gummy Bear muncul pertama kali dengan nama Dancing Bear pada tahun 1920 dan mulai terkenal pada tahun 1967. Permen ini terbuat dari gelatin, gula dan dengan perisa buah. Sesuai dengan namanya, Gummy Bear berbentuk beruang kecil sepanjang 2 cm dengan warna-warna yang menarik.

Sekarang, permen lucu ini tidak hanya berbentuk beruang tapi juga berbagai hewan dan objek. Beberapa bentuknya antara lain cincin, cacing, kodok, lobser, kuda nil, bahkan Smurfs. Gummi Bear terkenal dengan manis di seluruh dunia, termasuk jadi favorit di Indonesia.

Permen Promosi 2012

This entry was posted in Permen and tagged . Bookmark the permalink.