Permen sebagai Sumber Inspirasi

Permen PromosiInspirasi bisa datang dari mana saja. Tidak terkecuali dari sebungkus permen. Hal ini pula yang menjadi sumber inspirasi Khairullah, peraih juara dua dalam lomba menulis yang dihelat Institut Pertanian Bogor (IPB).

Siswa kelas 3 SMAN 4 Kalimantan Timur ini terbang jauh-jauh dari kampung halamannya menuju pemberian hadiah di IPB berupa laptop dan sejumlah uang tabungan. Kompetisi yang dihelat dalam rangka 60 tahun Pendidikan Tinggi Pertanian ini bukan kali pertama Khairullah menulis. Pemuda berusia 18 tahun itu memang memiliki hobi menulis yang disalurkan lewat blog pribadinya. “Biasanya aku menulis sebulan dua kali atau lebih, gimana mood-nya,” kata Khairullah.

Prestasinya dalam menulis juga tidak perlu diragukan. Sebelumnya, Khairullah pernah meraih juara dalam kompetisi penulisan yang diadakan Pemda Provinsi Kalimantan Timur.

“Empat Rasa Menggapai Cita”, itulah judul tulisan yang mengantarkan Khairullah sebagai runner up. Tulisan ini terinspirasi dari sebungkus permen yang memiliki berbagai rasa, yakni rasa manis, asam, dan asin. Rasa permen yang beragam tersebut pun diibaratkannya sebagai pertanian Indonesia. Di satu sisi, wilayah Indoensia kaya akan sumberdaya alam, di sisi lain potensi tersebut belum sepenuhnya dapat menyejahterakan rakyatnya terutama masyarakat petani.

Alasan lain yang mendasari Khairullah mengikuti lomba menulis karena melihat fakta-fakta potensi pertanian Kalimantan Timur namun masih belum optimal dalam pemanfaatannya. Contohnya adalah kelapa sawit dan banyaknya areal persawahan yang kurang terkelola dengan baik. Tidak hanya itu, Khairullah merasa prihatin melihat gambaran petani Indonesia yang rata-rata berusia lanjut dan hidup miskin. Sehingga tidak jarang dirinya melihat petani sering dibohongi oleh permainan pasar. “Padahal menjadi petani juga bisa berdasi,“ ujarnya.

Dia sangat menyayangkan ketika melihat masih banyak pelajar atau siswa seusianya yang tidak tertarik pada dunia pertanian. Padahal bidang pertanian merupakan satu hal vital untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang hanya membutuhkan tenaga-tenaga muda pertanian terdidik untuk pengelolaannya,” tuturnya.

Sebuah permen bisa jadi sumber inspirasi, begitu juga permen promosi, terinspirasi dari permen yang dijadikan barang atau merchandise untuk perusahaan berpromosi.

Permen Promosi 2012
Permen Sumber Inspirasi

This entry was posted in Permen and tagged , . Bookmark the permalink.