Permen Turkish Jelly

Turkish DelightPermen yang satu ini jika dikunyah akan terasa empuk, kenyal dan manis. Camilan manis yang dari Turki ini punya rasa, warna dan bentuk. Tambahan air mawar membuat jelly ini jadi wangi semerbak saat dikunyah. Legitnya bikin ketagihan!

Pertama kali permen dibuat tahun 1980 dengan lapisan bungkus yang dapat dimakan. Permen jelly dibuat pertama kali di pabrik gula Smith di Kwun Tong. Rasanya sangat lembut dan manis tetapi tidak tersedia banyak rasa, hanya rasa jeruk. Permen ini banyak dijual ditoko-toko khusus makanan di Hongkong.

Permen jelly memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit basah, rasanya manis, berwarna-warni, terdapat macam-macam bentuk seperti kotak memanjang, bunga, boneka dan lainnya. Permen ini terbuat dari sari buah-buahan dengan berbagai macam rasa dan dan bahan pembentuk jell seperti gelatin, keratinan atau agar-agar.

Pada umumnya sari buah yang digunakan untuk membuat permen jelly adalah jeruk, strawberry, nanas, melon, lemon dan buah-buahan segar lainnya, tetapi ada essense unik yang digunakan untuk membuat permen jelly di Turki yaitu menggunakan air mawar dan lemon.

Permen jelly Turki atau disebut Turkish delight sangat unik karena dalam pembuatannya menggunakan bahan tambahan sari air mawar, bunga jeruk atau jus jeruk. Setelah itu ditaburi gula icing yaitu gula bubuk yang tidak mudah manggumpal teksturnya lebih halus dan lebih kering dari gula bubuk biasa.

Pembuatan Turkish delight juga menggunakan sirup gula dan tepung jagung yang dimasak hingga mendidih dengan api yang kecil dan dicampur dengan esens lainnya. Setelah itu permen jelly akan menjadi padat dan dapat dengan mudah dibentuk. Di Timur Tengah, Turkish delight biasanya disajikan bersama kopi atau teh.

Permen Promosi 2012
Turkish Delight

This entry was posted in Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.