Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha Anda?

PromotionPromosi bisa dilakukan dengan berbagai cara kreatif. Promosi termasuk bagian terpenting dalam sebuah bisnis, apapun bisnis kita, bila kita tidak tahu dan lupa cara berpromosi maka produk yang kita tawarkan akan sulit untuk menjamah pasar.  Banyak sekali teknik, tips, dan teori mengenai promosi ini.  Tapi biar bagaimanapun promosi adalah sebuah “seni” yang menuntut kreatifitas kita untuk mengikuti selera dan kemauan pasar yang ada, dan terkadang dibutuhkan sebuah pemikiran yang “Out of the Box” bila “produk” kita ingin cepat terkenal.

Pada prinsipnya promosi adalah sebuah teknik atau seni memperkenalkan sebuah produk ataupun jasa ke konsumen, dan promosi pada saat ini banyak kriterianya, ada promosi “gratis” dan ada juga promosi yang “bayar”.  Gratis biasanya dilakukan dengan media Internet. Tapi pada dasarnya yang gratis ini pun tidak murni gratis karena kita harus mengeluarkan modal untuk menggunakan internet tersebut, kecuali kita bisa memanfaatkan internet kantor atau hot spot untuk berinternet ria. Sedangkan yang bayar biasanya menggunakan media elektronik seperti iklan televisi dan sebagainya.

Promosi juga harus sesuai dengan etika dan norma yang ada di masyarakat. Masihkah kita ingat beberapa waktu lalu kita dihebohkan pada pemberitaan di berbagai media mengenai sebuah perusahaan yang melakukan promosi dengan mengirimkan peti mati ke sejumlah lembaga media informasi di Jakarta? Bahkan kasus ini sampai berlarut-larut sampai ke kepolisian karena banyak dari mereka menilai bahwa itu adalah cara berpromosi yang salah karena tidak sesuai dengan etika dan norma yang berlaku di Indonesia karena dianggap menyumpahi orang untuk segera mati. Karema kadang memang kita juga harus berhati-hati apalagi bila sudah menyentuh ke elemen yang berbau SARA, bisa-bisa Anda celaka kalau sudah keterlaluan.

Intinya kita tetap harus memiliki tingkat rasio yang matang jangan berpromosi asal-asalan juga, bila berpikir out of the box maka sebaiknya tetap bermain jangan jauh-jauh dari permukaan kotak alias jangan melebihi batas toleransi. Ada pepatah yang mengatakan “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” dan kalau orang barat ngomongnya”When you’re in Rome, Do what a Romans do!”, jadi bila Anda berpromosi di Indonesia setidaknya lakukan yang masih bisa diterima dan diserap oleh orang Indonesia.

Promosi dalam bisnis merupakan langkah yang paling penting. Tanpa promosi, bisnis kita tidak akan berjalan dengan baik. Promosi berarti memberitahu kepada orang banyak tentang bisnis kita sehingga bisnis yang kita jalani dapat diketahui oleh orang sehingga mereka akan mencoba menggunakannya. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mempromosikan produk baru dalam bisnis, yaitu:

  1. Gunakanlah Kartu Bisnis sebagai alat marketing yang efektif. Keuntungan bagi pengguna kartu bisnis adalah mendapatkan diskon sehingga menjadi daya tarik bagi para pembeli.
  2. Pastikan Anda terdaftar di direktori bisnis lokal, seperti yellow pages. Dengan demikian bisnis Anda akan dapat dihubungi dengan mudah oleh para calon konsumen.
  3. Gunakanlah iklan berjalan, seperti iklan pada kendaraan. Iklan pada kendaraan lumayan lebih efektif karena akan dapat memberikan informasi kepada khalayak banyak dengan berlatarbelakang berbeda.
  4. Carilah kesempatan untuk melakukan promosi via transportasi umum  yang banyak menawarkan peluang beriklan. Kendaraan umum pun banyak penumpang sehingga baik sekali jika digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan barang.
  5. Lakukanlah promosi silang dengan bisnis lainnya.

Permen Promosi 2012
Tips Promosi

This entry was posted in Tips Promosi and tagged , . Bookmark the permalink.