Tips Promosi di Forum Diskusi

Tips Promosi

Kali ini kita akan membahas tentang Tips Promosi di forum diskusi. Apa yang saya uraikan nanti ini adalah murni dari pengalaman yang kami alami di beberapa forum, jadi harap dimaklumi jika ada yang kurang.

Promosi di Forum Diskusi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang kali ini akan diringkas dengan kata :

 R  A  T  U  S TOP

Kenapa disingkat jadi RATU ? Bukan RAJA ?, harapannya adalah semoga kita bisa menjadi seperti Ratu dalam forum, dimana biasanya ratu memiliki daya tarik tersendiri ketimbang Raja, misalnya kecantikannya, pakaiannya ,inner beautynya dsb.

Siapakah Ratu tersebut… Yuukk kita bahas !

1. R = Registrasi
Ini yang Wajib dilakukan agar kita bisa berkontribusi dalam sebuah Forum, siapa tahu masih ada yang lupa register. Biasanya cara daftarnya sama dengan cara mendaftar di beberapa forum dan standar. Ada yang harus konfirmasi via email dan ada yang bisa langsung (namun konfirmasi tetap ada via email).

Perhatikan tiap kolom dan isi dengan benar sesuai yang anda harapkan, karena ada beberapa forum yang menampilkan profile kita di avatar/ID member.

2. A = Aturan/TOS/Rules
Ini yang paling penting agar anda bisa tetap bertahan dan mendapat legitimasi dalam sebuah forum, sehingga anda bisa menjadi member yang disukai oleh member lain.

Disebuah forum ada yang namanya  General Rules  dan ada juga Regional Rules, maksudnya rules general adalah aturan yang biasa dibuat oleh admin dari sebuah forum dan rules regional biasanya dibuat oleh orang yang ditunjuk oleh Admin untuk mengatur lancarnya diskusi di sebuah sub forum yang biasa disebut Moderator

Jadi sebelum mempromosikan sebuah produk di forum, perhatikan dan baca baik-baik setiap aturan/rules baik yang general dan regional karena kadang aturan di general tidak membahas aturan diregional. Biasanya aturan itu selalu di sticky di setiap sub forum.

Dengan mengikuti aturan, anda akan terbebas dari “ peringatan” moderator atau laporan para member lain yang berakibat postingan anda akan didelete atau bahkan anda sendiri akan dikeluarkan dari forum atau di banned.

3. T = Threads
Threads adalah bagian dari sebuah forum yang bila dianalogikan bisa seperti los atau kapling-kapling di sebuah pasar, misalnya tempat jualan sayur, jualan alat electronic dsb.

Jadi sebelum anda mempromosikan produk di forum, perhatikan anda sedang berada di thread yang membahas apa, jangan sampai anda ingin mempromosikan produk obat kanker namun anda tanpa sadar menjualnya di threads yang membahas tentang google adsense atau bisnis MLM.

4. U = Uraian
Salah satu kunci keberhasilan promosi adalah sejauh mana kita bisa menguraikan dengan baik apa yang kita jual. Usahakan anda menjelaskan secara straight to the point, cukup didalamnya berisi : Manfaat,keuntungan,cara order dan link ke site yang bersangkutan.

STOP.
Ya kita harus berhenti sejenak untuk masuk sebuah forum setelah berhasil register. Lebih tepatnya STOP itu sebagai berikut:

5. S = Sabar
Jangan terburu – buru untuk langsung promosi di sebuah forum, usahakan berkeliling dulu di dalam forum untuk kenal situasi sambil menyapa atau memberikan komentar di arena forum sehingga jumlah postingan anda banyak jika perlu status anda berubah dari newbie ke member aktif (biasanya setelah 100 post tergantung aturan forum).

Usahakan memberikan komen yang berbobot, jangan komen yang bersifat junk post atau spamming.

6. T = Tolong
Saat berkeliling usahakan memberikan pertolongan atau bantuan ke member lain yang butuh info ataupun yang lainnya sesuai apa yang bisa kita bantu. Ini akan menambah kredibilitas anda

7. O = Observasi
Sambil keliling lakukan pengamatan dan observasi, gimana tingkah laku para member, minat mereka dan kebutuhan mereka, buat data jika bisa karena ini yang akan mendukung anda kedepannya jika ada yang ingin dipromosikan lagi.

8. P = Pandu
Setelah keempat strategi diatas anda jalankan dan tiba waktunya untuk promosi maka yang terpenting adalah pandu para member yang memberikan pertanyaan ataupun komentar di thread yang anda buat, selain itu selalu update thread anda agar tidak tenggelam.

Jawab semua pertanyaan dan balas setiap kritikan dengan cara yang bijak dan dewasa.

Jika Semua hal diatas anda lakukan, anda bisa menjadi seorang RATU di forum.

Permen Promosi 2012
Promosi di Forum Diskusi

This entry was posted in Tips Promosi and tagged , . Bookmark the permalink.