Bagaimana Jika Permen Karet Tertelan?

BubblegumDari dulu orang tua kita selalu memperingatkan, “Jangan telan permen karetmu!” dengan alasan nanti permen karetnya bisa menempel di lambung hingga berpuluh-puluh tahun. Pertanyaannya adalah, benarkah?

Kalau kita lihat bungkus permen karet yang kita makan, disana kita akan melihat ada komposisi permen karet itu sendiri. Sudah jelas, komposisi tersebut mengandung beberapa bahan yang tidak mungkin bisa dicerna. Akan tetapi apakah benar akan terjadi hal yang gawat kalau kita menelan permen karet baik sengaja atau tidak sengaja?

Menurut sebuah jurnal pada tahun 1998 yang dikutip dari laman Pediatrics, ada 3 kasus terparah dimana anak-anak menelan permen karet mereka dan mendapatkan penanganan serius dari dokter.

Yang pertama terjadi pada seorang anak berusia empat setengah tahun yang sudah kecanduan mengunyah permen karet sejak umur dua tahun. Anak ini satu harinya bisa mengunyah 7 permen karet dan masing-masing ditelan langsung. Orangtua anak ini cemas dan langsung membawanya ke dokter dimana dia harus mengeluarkan permen karet yang sudah mengeras dari dalam perutnya secara manual.

Yang kedua terjadi pada anak perempuan berusia 4 tahun juga. Dalam seminggu anak ini mendapatkan beberapa permen karet sebagai hadian dari orangtuanya. Karena sudah kecanduan permen karet anak ini dengan sengaja menelannya agar bisa mengunyah yang lain lagi. Pada akhirnya anak ini harus dibawa ke dokter karena permen karet yang sudah mengeras membuat saluran pencernaannya terhambat oleh bola-bola permen karet berwarna-warni.

Yang terakhir terjadi pada anak perempuan berusia satu setengah tahun. Entah bagaimana anak ini menelan 4 koin bersamaan dengan permen karetnya hingga si anak harus menjalani operasi khusus untuk mengambil apa yang di dalam perutnya.

Tapi ketiga kasus diatas adalah yang terparah dari seribu kemungkinan yang ada. Jadi bukan berarti semua orang dapat mengalami hal yang sama jika dengan sengaja menelan permen karet. Secara medis, tubuh manusia akan menolak benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Dalam hal ini, permen karet karena tidak dapat dicerna maka akan dianggap benda asing oleh tubuh dan dengan sendirinya akan terbuang bersama kotoran.

Meskipun begitu tidak ada salahnya bagi kita untuk mendengarkan peringatan orangtua agar tidak menelan permen karet. Secara teknis, orangtua kita benar untuk melarang kita.

Permen Promosi 2012
Tips Permen Karet

This entry was posted in Tips Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.