Bisakah Sikat Gigi diganti Permen Karet?

PermenPermen karet banyak dijadikan pilihan makanan untuk membersihkan mulut usai makan. Selain praktis, rasa mint yang ditawarkan dari permen karet membuat mulut terasa segar seperti usai sikat gigi. Lantas, bisakah permen karet menggantikan fungsi sikat gigi?

“Permen karet itu sendiri sebetulnya sudah mulai dianjurkan direkomendasikan karena mengunyah itu merangsang air liur dimana air liur kita mengandung anti kuman dan meningkatkan Ph. Tapi permen karet bukan pengganti sikat gigi,”kata Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), drg. Zaura Rini Anggraeni MDS.

Akan tetapi, lanjutnya, permen karet yang dianjurkan yang bebas mengandung gula. “Sugar free yang bebas gula dan harus mengandung fluor,”ujarnya. 

Anjuran untuk menjaga kesehatan gigi, menurut Zaura, hal tersebut berdasarkan riset yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada tahun 2007 dimana menyatakan bahwa sebanyak 72,1 persen masyarakat Indonesia mempunyai gigi berlubang. “Rata-rata setiap orang menyimpan lima gigi berlubang di dalam mulutnya,”jelasnya.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia merespon positif upaya PT  Unilever Indonesia Tbk melalui Pepsodent untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan Kampanye Senyum Sehat Indonesia Kini dan Nanti.

“Kalau gigi sudah mati memang tidak sakit, tetapi itu menyebabkan bau mulut tidak sedap dan sewaktu-waktu bengkak, kumannya itu bisa masuk ke aliran darah dan masuk ke tubuh yang lain, bisa menyebabkan sakit jantung, ginjal dan sendi. Luar biasa beban yang diakibatkan oleh gigi yang tidak dirawat. Saya rasa kampanye ini, kami dari PDGI mendukung, karena ini pencegahan tidak hanya kepada gigi saja tapi kesehatan tubuh,”tambahnya.

Kampanye ini juga salah satu refleksi berkesinambungan komitmen Pepsodent yang nantinya akan dilanjutkan dengan program Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2012 yang akan dimulai pada September 2012 ini.

“Tahun 2012 ini, BKGN memasuki tahun ketiga dan akan kembali datang di berbagai kota untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi kini dan nanti,”kata  Professional Relationship Manager Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk   drg. Ratu Mirah Afifah.

 

Permen Promosi 2012

This entry was posted in Tips Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.