Manfaat dan Fakta Permen Karet

Bubble GumPasti hampir semua orang pernah merasakan makanan yang satu ini. Permen karet. Makanan yang berasal dari Amerika ini memang banyak digemari oleh anak kecil hingga orang dewasa. Kebiasaan  mengunyah permen karet ternyata punya efek positif bagi tubuh dan otak kita lho. Selain olahraga untuk mulut dan pipi, juga bisa bikin ingatan kita lebih baik.

Apa saja sih manfaat mengunyah permen karet???

 

Berikut beberapa manfaat mengunyah permen karet:

Permen karet menambah kekuatan konsentrasi.
Permen karet membantu meningkatkan konsentrasi saat mengerjakan tugas saat bekerja. Bahkan beberapa pengemudi mobil berkata bahwa permen karet  membantu konsentrasi katika menyetir. Dengan mengunyah permen karet, peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar. Nah, darah ini akan membawa asupan oksigen ke otak, jadi kita menjadi lebih berkonsentrasi.

Permen karet membantu melepas tensi
Hasil penelitian menyatakan salah satu kegunaan permen karet adalah melepas tensi/ketegangan pada otot dan membantu mereka untuk lebih merasa nyaman dari kondisi stress. Karena itu bisa meningkatkan kekuatan konsentrasi.

Permen karet membuat nafas jadi segar
Setiap orang pasti ingin tampil baik dan salah satunya adalah menjaga agar nafasnya selalu segar. Salah satu kegunaan permen karet adalah memberikan nafas segar sehingga mengunyah permen karet menjadi salah satu hal yang dilakukan orang agar nafasnya selalu segar dan tidak bau mulut.

Permen karet tidak menyebabkan kegemukan
Dengan mengunyah permen karet, wanita bisa menghindari dari kebiasaan ngemil. Permen karet merupakan salah satu alternatif untuk wanita dalam pengganti ngemil karena mengunyah permen karet memiliki hanya 10 kalori.

Peneliti dari University of Rhode Island mengungkap, orang-orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi 68 kalori lebih sedikit saat makan siang. Selain itu, mereka tidak mengganti pengurangan kalori tersebut dengan makan lagi setelahnya.

Permen karet menjaga kesehatan gigi
Kita tidak harus selalu sikat gigi setelah habis makan apapun. Dengan mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur. Ini sangat membantu untuk menetralkan asam pada makanan yang akan merusak gigi.

Permen karet dapat mengencangkan kulit wajah
Ketika mengunyah permen karet, rongga mulut berulang-ulang melakukan gerakan menggigit, ini memperlancar aliran darah di bagian wajah, dan juga melatih otot-otot untuk mengunyah dan menggigit.

Hasil penelitian seorang ahli dari Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15 menit dapat bermanfaat bagi kecantikan. Saat mengunyah, otot-otot wajah kita bergerak, hal ini dapat mengencangkan kulit wajah kita. Sehingga dapat memperlambat keriputnya kulit wajah

Fakta Unik Tentang Permen Karet

Saya menemukan sebuah fakta unik tentang mengunyah permen karet ini pada sebuah kabar berita. Mari kita simak!

Mengunyah permen karet sebelum ujian ternyata dapat membuat kerja otak jadi sedikit lebih baik terutama di awal-awal ujian.

Serge Onyper, Asisten Profesor Psikologi di St Lawrence University melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang mengunyah permen karet lima menit sebelum mengikuti ujian mendapat hasil tes yang lebih bagus daripada siswa yang tidak mengunyah permen karet. Pengunyahan yang dipicu oleh keteganganlah yang menjadi penyebab otak bekerja lebih baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite ini menjelaskan bahwa sejumlah tes kemampuan berpikir diberikan kepada para peserta penelitian yang mengunyah permen karet sebelum atau selama ujian. Hasil tes peserta kemudian dibandingkan dengan siswa yang tidak mengunyah permen karet.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setiap jenis aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan kinerja. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan aktivitas fisik yang ringan pun dapat menjadi sebuah dorongan.

Efek dari mengunyah permen karet tersebut hanya terlihat saat dikunyah selama lima menit sebelum ujian, bukan selama ujian. Manfaatnya juga hanya dapat bertahan selama 15 sampai 20 menit pertama ujian saja.

Menurut Onyper seperti dilansir MedicalNewsToday.com, Minggu (4/12/2011), alasan mengapa khasiat tersebut tidak bertahan lama adalah mungkin karena efeknya terbagi antara proses berpikir dan kegiatan mengunyah. Dengan kata lain, orang tidak bisa mengunyah permen karet dan berpikir produktif pada saat yang sama.

Saran saya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi permen karet dan ingat jangan membuang bekas permen karet di sembarang tempat karena itu dapat merugikan orang lain lho. Semoga bermanfaat.

Permen Promosi 2012
Manfaat & Fakta Permen Karet

This entry was posted in Permen, Tips Permen and tagged , , . Bookmark the permalink.